Safani, Vivin Aulia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SOSUD (SOS SUDUT) KELAS III UPT SD NEGERI 249 MOJOPURO WETAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (647kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (912kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran SOSUD (SOS Sudut) pada Kelas III UPT SD Negeri 249 Mojopuro Wetan. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development) dan tanpa melakukan implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil pengembangan media pembelajaran berupa SOSUD (SOS Sudut). Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli materi (kompetensi) dan ahli media yang berjumlah 4 validator. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran dan analisis kepraktisan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi diperoleh bahwa pegembangan media pembelajaran SOSUD (SOS Sudut) pada Kelas III UPT SD Negeri 249 Mojopuro Wetan memenuhi kriteria baik, yang sebagai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh 4 validator memperoleh presentase 98% oleh ahli materi 1 dan presentase 100% oleh ahli materi 2 dengan total rata-rata penilaian yakni 99% , dan presentase 85,45% oleh ahli media 1 dan presentase 82% oleh ahli media 2 dengan total rata-rata penilaian yakni 83,7%, yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran, b) Dikategorikan praktis dari hasil analisis dalam kepraktisan media pembelajaran oleh para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ADDIE, SOSUD (SOS Sudut) |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Vivin Aulia Safani |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 01:48 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 01:48 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5033 |
Actions (login required)
View Item |