PENGGUNAAN MEDIA RUNNING LED UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Putra, Harmadi Sampurna (2018) PENGGUNAAN MEDIA RUNNING LED UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text
9. BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
10. BAB II.docx

Download (417kB)
[img] Text
11. BAB III.docx

Download (70kB)
[img] Text
12. BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
13. BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

Melihat hasil belajar yang diperoleh peneliti melalui kegiatan observasi diperoleh data nilai hasil belajar 10 dari 34 peserta didik di bawah KKM. Banyaknya peserta didik yang tidak mendapat nilai diatas KKM, mengindikasikan terjadinya miskonsepsi. miskonsepsi timbul disebabkan oleh materi abstrak pada mata pelajara IPA yang disampaiakan tanpa media. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan penggunaan media pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengurangi miskonsepsi peserta didik pada mata pelajaran IPA materi peredaran darah manusia, (2) meningkatkan hasil belajar IPA, (3) mengetahui kelayakan media running led pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cagak Agung Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 34 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan certainty of response index (CRI). Intrumen tes terdiri dari lima belas soal uraian dan lima soal benar-salah. Selain itu, untuk mengetahui tingkat miskonsepsi dilakukan dengan pelaksanaan pretest-postest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis hasil belajar peserta didik, analisis miskonsepsi dan analisis keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat miskonsepsi dapat menurun sebesar 50% dari data awal miskonsepsi yang diambil melalui pretest yaitu sebesar 74%. Pada hasil postest menunjukkan hasil miskonsepsi sebesar 24%. Hasil belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkaatan yang signifikan. Dari hasil evaluasi satu diperoleh rata-rata nilai peserta yaitu 74 dan pada evaluasi dua rata-rata nilai yaitu 87. Pada tes evaluasi satu nilai terendah yaitu 60 dan nilai yang tertinggi yaitu 96. Pada tes evaluasi dua nilai terendah yaitu 68 dan nilai tertinggi yaitu 100. Sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 47% dari tes evaluasi satu. Hasil evaluasi satu secara klasikal sebesar 41% peserta didik memperoleh nilai di atas KKM. Pada hasil evaluasi dua, secara klasikal menunjukkan 88% peserta didik memperoleh nilai diatas KKM.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 01 Nov 2018 00:27
Last Modified: 08 Mar 2019 01:18
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item