Sakinah, Den Ayu (2021) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI MASA PANDEMI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1. Halaman Pernyataan Orsinalitas.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 1.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB 3.pdf Download (508kB) | Preview |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
5. BAB 5.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
7. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematika sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Pemahaman konsep merupakan dasar dari pemahaman prinsip dan teori-teori. Dengan adanya kemampuan pemahaman konsep peserta didik akan lebih mudah untuk memahami prinsip dan teori-teori. Banyak peneliti terdahulu yang mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika ini dipengaruhi oleh beberapa hal lainnya. Seperti kecemasan matematika dan kemandirian belajar. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP se-Kecamatan Kebomas tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 964 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%, maka jumlah anggota sampel sebanyak 283 peserta didik yang dipilih dengan teknik proportionate claster random sampling. Instrumen yang dgunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecemasan matematika, kemandirian belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keselarasan antara teori yang digunakan dengan hasil analisis jalur, yaitu: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemandirian belajar dengan nilai C.R. sebesar -9,549≤1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,000≤0,05. (2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengan nilai C.R. sebesar -2,811≤1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,005≤0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengan nilai C.R. sebesar 2,964≥1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,003≤0,05.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Matematika, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Den Ayu Sakinah |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 04:39 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 04:39 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5147 |
Actions (login required)
View Item |