PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI MASA PANDEMI

Sakinah, Den Ayu (2021) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI MASA PANDEMI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Pernyataan Orsinalitas.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (508kB) | Preview
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
5. BAB 5.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Pemahaman konsep merupakan dasar dari pemahaman prinsip dan teori-teori. Dengan adanya kemampuan pemahaman konsep peserta didik akan lebih mudah untuk memahami prinsip dan teori-teori. Banyak peneliti terdahulu yang mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika ini dipengaruhi oleh beberapa hal lainnya. Seperti kecemasan matematika dan kemandirian belajar. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP se-Kecamatan Kebomas tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 964 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%, maka jumlah anggota sampel sebanyak 283 peserta didik yang dipilih dengan teknik proportionate claster random sampling. Instrumen yang dgunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecemasan matematika, kemandirian belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikan sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keselarasan antara teori yang digunakan dengan hasil analisis jalur, yaitu: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemandirian belajar dengan nilai C.R. sebesar -9,549≤1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,000≤0,05. (2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengan nilai C.R. sebesar -2,811≤1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,005≤0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika yang ditunjukkan dengan nilai C.R. sebesar 2,964≥1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,003≤0,05.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Den Ayu Sakinah
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:39
Last Modified: 16 Aug 2021 04:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item View Item