Ashfarina, Indah Noer (2021) IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs. MA’ARIF SIDOMUKTI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ROISYAH.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab 1.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (864kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
||
|
Text
12. BAB V.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Datangnya musibah pandemi covid-19 merupakan sebuah peristiwa yang membawa begitu banyak ujian dan cobaan yang memilukan bagi seluruh masyarakat. Ada dua dampak bagi keberlangsungan pendidikan yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Proses pembelajaran di sekolah merupakan alat kebijakan publik terbaik sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan skill, karena secara keseluruhan sekolah adalah media interaksi antar siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan intelegensi, skill dan rasa kasih sayang diantara mereka. Tetapi sekarang kegiatan yang berlangsung di sekolah berhenti dengan tiba-tiba karena gangguan covid-19, oleh karena itu sekolah mengalih fungsikan proses pembelajaran secara online agar tidak terjadi interaksi secara langsung antar sesama. Kemudian muncullah alternatif penggunaan aplikasi google classroom yang dijadikan wadah proses kegiatan belajar mengajar. Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana implementasi google classroom pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs. Ma’arif Sidomukti dan apa saja kelebihan dan kendala dalam google classroom pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs. Ma’arif Sidomukti. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui implementasi google classroom pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs. Ma’arif Sidomukti dan Untuk mengetahui kelebihan dan kendala dalam google classroom pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs. Ma’arif Sidomukti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan menggunakan metode wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembaga pendidikan MTs. Ma’arif Sidomukti. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MTs. Ma’arif Sidomukti dapat disimpulkan google classroom merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk pembelajaran secara online dan dapat diikuti oleh banyak orang dan dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini diperuntukkan bagi semua elemen yang terlibat dalam bidang pendidikan untuk saling membantu dalam hal pembelajaran, baik itu pembagian materi, pemberian tugas, maupun membuat sebuah pengumuman. Kelebihan yang dimilki dari aplikasi google classroom yaitu dapat menambah wawasan maupun pengetahuan dalam Informasi dan Teknologi (IT) dan peserta didik bisa beradabtasi dengan dunia maya beserta permasalahan yang dihadapinya. Kendala yang dimiliki dari aplikasi google classroom yaitu meliputi materi yang disampaikan belum tentu tersampaikan pada peserta didik, gangguan internet, ada juga peserta didik tidak mempunyai data, dan para guru tidak bisa maksimal dalam pengontrolan tugas.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Google Classroom, Pelajaran Fikih |
Subjects: | Islamic Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Indah Noer Ashfarina |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 06:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:36 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5305 |
Actions (login required)
View Item |