IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs. MA’ARIF SIDOMUKTI

Ashfarina, Indah Noer (2021) IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs. MA’ARIF SIDOMUKTI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ROISYAH.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab 1.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Datangnya musibah pandemi covid-19 merupakan sebuah peristiwa yang membawa begitu banyak ujian dan cobaan yang memilukan bagi seluruh masyarakat. Ada dua dampak bagi keberlangsungan pendidikan yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Proses pembelajaran di sekolah merupakan alat kebijakan publik terbaik sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan skill, karena secara keseluruhan sekolah adalah media interaksi antar siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan intelegensi, skill dan rasa kasih sayang diantara mereka. Tetapi sekarang kegiatan yang berlangsung di sekolah berhenti dengan tiba-tiba karena gangguan covid-19, oleh karena itu sekolah mengalih fungsikan proses pembelajaran secara online agar tidak terjadi interaksi secara langsung antar sesama. Kemudian muncullah alternatif penggunaan aplikasi google classroom yang dijadikan wadah proses kegiatan belajar mengajar. Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana implementasi google classroom pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs. Ma’arif Sidomukti dan apa saja kelebihan dan kendala dalam google classroom pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs. Ma’arif Sidomukti. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui implementasi google classroom pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs. Ma’arif Sidomukti dan Untuk mengetahui kelebihan dan kendala dalam google classroom pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs. Ma’arif Sidomukti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan menggunakan metode wawancara dan observasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembaga pendidikan MTs. Ma’arif Sidomukti. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MTs. Ma’arif Sidomukti dapat disimpulkan google classroom merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk pembelajaran secara online dan dapat diikuti oleh banyak orang dan dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini diperuntukkan bagi semua elemen yang terlibat dalam bidang pendidikan untuk saling membantu dalam hal pembelajaran, baik itu pembagian materi, pemberian tugas, maupun membuat sebuah pengumuman. Kelebihan yang dimilki dari aplikasi google classroom yaitu dapat menambah wawasan maupun pengetahuan dalam Informasi dan Teknologi (IT) dan peserta didik bisa beradabtasi dengan dunia maya beserta permasalahan yang dihadapinya. Kendala yang dimiliki dari aplikasi google classroom yaitu meliputi materi yang disampaikan belum tentu tersampaikan pada peserta didik, gangguan internet, ada juga peserta didik tidak mempunyai data, dan para guru tidak bisa maksimal dalam pengontrolan tugas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Google Classroom, Pelajaran Fikih
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Indah Noer Ashfarina
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:36
Last Modified: 19 Oct 2021 06:36
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item