WIDIASARI, ELISA (2021) PROFIL KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Project Report. FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik. (Submitted)
|
Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
7. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu ilmu yang berkenaan dengan ide maupun hubungan yang diatur secara logis. Ide dan hubungan itu disebut dengan koneksi matematis. Dalam pembelajaran matematika, koneksi matematis merupakan salah satu standar proses yang harus dipenuhi oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil koneksi matematis peserta didik berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMP Negeri 5 Gresik kelas VIII C dengan 3 peserta didik sebagai subjek penelitian yaitu 1 peserta didik berkemampuan matematika tinggi, 1 peserta didik berkemampuan matematika sedang dan 1 peserta didik berkemampuan matematika rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh deskripsi koneksi matematis peserta didik sebagai berikut: (1) Profil koneksi matematis peserta didik berkemampuan matematika tinggi adalah peserta didik dapat mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide dalam matematika, memahami bagaimana ide dalam matematika saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan yang koheren, dan dapat mengaitkan matematika dengan konteks di luar matematika yang meliputi disiplin ilmu lain dan kehidupan sehari-hari. (2) Profil koneksi matematis peserta didik berkemampuan matematika sedang adalah peserta didik dapat mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide dalam matematika, cukup memahami bagaimana ide dalam matematika saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan yang koheren, tidak dapat menghubungkan matematika dengan disiplin ilmu lain dan dapat menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. (3) Profil koneksi matematis peserta didik berkemampuan matematika rendah adalah peserta didik dapat mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide dalam matematika, tidak dapat memahami bagaimana ide dalam matematika saling berhubungan, tidak dapat menunjukkan keterkaitan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain dan dapat menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Koneksi Matematis, Kemampuan Matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Elisa Widiasari |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 05:47 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 05:47 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |