PROFIL KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

WIDIASARI, ELISA (2021) PROFIL KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Project Report. FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik. (Submitted)

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang berkenaan dengan ide maupun hubungan yang diatur secara logis. Ide dan hubungan itu disebut dengan koneksi matematis. Dalam pembelajaran matematika, koneksi matematis merupakan salah satu standar proses yang harus dipenuhi oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil koneksi matematis peserta didik berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMP Negeri 5 Gresik kelas VIII C dengan 3 peserta didik sebagai subjek penelitian yaitu 1 peserta didik berkemampuan matematika tinggi, 1 peserta didik berkemampuan matematika sedang dan 1 peserta didik berkemampuan matematika rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh deskripsi koneksi matematis peserta didik sebagai berikut: (1) Profil koneksi matematis peserta didik berkemampuan matematika tinggi adalah peserta didik dapat mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide dalam matematika, memahami bagaimana ide dalam matematika saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan yang koheren, dan dapat mengaitkan matematika dengan konteks di luar matematika yang meliputi disiplin ilmu lain dan kehidupan sehari-hari. (2) Profil koneksi matematis peserta didik berkemampuan matematika sedang adalah peserta didik dapat mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide dalam matematika, cukup memahami bagaimana ide dalam matematika saling berhubungan dan membangun satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan yang koheren, tidak dapat menghubungkan matematika dengan disiplin ilmu lain dan dapat menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. (3) Profil koneksi matematis peserta didik berkemampuan matematika rendah adalah peserta didik dapat mengenali dan memanfaatkan hubungan antar ide dalam matematika, tidak dapat memahami bagaimana ide dalam matematika saling berhubungan, tidak dapat menunjukkan keterkaitan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain dan dapat menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Profil Koneksi Matematis, Kemampuan Matematika
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Elisa Widiasari
Date Deposited: 29 Aug 2025 05:47
Last Modified: 29 Aug 2025 05:47
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item