EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII UPT SMP NEGERI 24 GRESIK

Imtihana, Imtihana (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII UPT SMP NEGERI 24 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (469kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Imtihana.pdf

Download (536kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran Guided Note Taking merupakan sebuah strategi pembelajaran aktif dimana guru menfasilitasi peserta didik dengan memberi handout untuk diisi oleh peserta didik sewaktu guru menjelaskan materi pembelajaran dengan ceramah. Faktor yang melatarbelakangi digunakan strategi ini adalah berdasarkan wawancara salah satu dari guru mata pelajaran dan peserta didik yang jika disimpulkan maka akan mendapatkan tiga poin penting yakni: peserta didik kurang antusias sewaktu guru menjelaskan, buku pelajaran yang memuat bahasa yang kurang dapat dipahami, dan kesulitan peserta didik dalam mencatat materi pembelajaran. Materi himpunan menyajikan berbagai definisi dan terdiri dari banyak sekali kata sehingga strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat menjadi solusi yang baik untuk menjadikan pembelajaran yang efektif Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G UPT SMP Negeri 24 Gresik yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas peserta didik selama pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah melakukan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik termasuk dalam kriteria tidak aktif dengan capaian 66, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat baik dengan capaian 88, dan hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas dengan persentase 87%. Sehingga kriteria efektivitas tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Pembelajaran Guided Note Taking, Materi Himpunan.
Subjects: Theory and practice of education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Imtihana Imtihana
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:08
Last Modified: 04 Jul 2022 07:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item