Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik

Nikmah, Ainun (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul A.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik. Proses pengembangan media pembelajaran puzzle ini menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik yang berjumlah 25 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran, dan efektifitas media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi dan data uji coba diperoleh bahwa pegembangan media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran IPS kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kriteria valid diperoleh dari validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator 1 dan validator 2 dengan rata-rata sebesar 78,75%. Kriteria praktis menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi. Kriteria efektif diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 95%, dan presentase hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran puzzle sebesar 97%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model 4-D, Puzzle, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ainun Nikmah
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:23
Last Modified: 19 Dec 2022 02:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6910

Actions (login required)

View Item View Item