Nikmah, Ainun (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Judul A.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (801kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik. Proses pengembangan media pembelajaran puzzle ini menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik yang berjumlah 25 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran, dan efektifitas media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi dan data uji coba diperoleh bahwa pegembangan media pembelajaran puzzle pada mata pelajaran IPS kelas III UPT SD Negeri 63 Gresik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kriteria valid diperoleh dari validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator 1 dan validator 2 dengan rata-rata sebesar 78,75%. Kriteria praktis menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi. Kriteria efektif diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 95%, dan presentase hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran puzzle sebesar 97%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model 4-D, Puzzle, Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Ainun Nikmah |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 02:23 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 02:23 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6910 |
Actions (login required)
View Item |