Pengembangan media puzzle pada materi menulis deskripsi peserta didik kelas IV madrasah ibtidaiyah

Anggiandari, Putri krisdiana (2020) Pengembangan media puzzle pada materi menulis deskripsi peserta didik kelas IV madrasah ibtidaiyah. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan Keaslian - Putri Krisdiana Anggiandari.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan - Putri Krisdiana Anggiandari.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Halaman Persetujuan .pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Halaman Judul.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 2.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 3.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 5.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar dan mengajar untuk tercapainya tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran di sekolah. Hal ini berkaitan dengan penggunaan media yang tepat dan bervariasi dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran media sangat dibutuhkan, karena proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi, penyampaian pesan, dari pendidik ke peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan serta mengetahui validitas media pembelajaran puzzle pada materi menulis deskripsi peserta didik. yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran yang dibuat ini dibuat dengan mengkombinasikan kebudayaan lokal khas gresik yakni damar kurung dengan puzzle menjadi sebuah media pembelajaran yang baru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah validitas pengembangan media puzzle pada materi menulis deskripsi peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan (Reseach and Development), menggunakan 5 tahap penyederhanaan yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain sebagai produk akhir. Validasi media terdiri dari 2 ahli materi dan 2 ahli media. Hasil penelitian ini adalah Media Pembelajaran puzzle damar kurung, (1) dengan persentase 91,6% penilaian dari 2 ahli materi yakni mencapai tergolong dalam kriteria sangat layak, (2) penilaian dari 2 ahli media yakni dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik mencapai presentase 95,8%% dengan kategori sangat layak. dari presentase tersebut maka Media puzzle damar kurung sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, berbasis kebudayaan lokal, damar kurung.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, berbasis kebudayaan lokal, damar kurung
Subjects: Special Aspect of Education
Special Aspect of Education

Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Putri Krisdiana Anggiandari
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:45
Last Modified: 04 Jan 2023 07:45
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6990

Actions (login required)

View Item View Item