Anggiandari, Putri krisdiana (2020) Pengembangan media puzzle pada materi menulis deskripsi peserta didik kelas IV madrasah ibtidaiyah. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Keaslian - Putri Krisdiana Anggiandari.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan - Putri Krisdiana Anggiandari.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Halaman Persetujuan .pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Halaman Judul.pdf Download (914kB) | Preview |
|
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 1.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 2.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 3.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
||
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Bab 5.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Daftar Pustaka.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
2016_TA_PGSD_16441068_Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar dan mengajar untuk tercapainya tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran di sekolah. Hal ini berkaitan dengan penggunaan media yang tepat dan bervariasi dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran media sangat dibutuhkan, karena proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi, penyampaian pesan, dari pendidik ke peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan serta mengetahui validitas media pembelajaran puzzle pada materi menulis deskripsi peserta didik. yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran yang dibuat ini dibuat dengan mengkombinasikan kebudayaan lokal khas gresik yakni damar kurung dengan puzzle menjadi sebuah media pembelajaran yang baru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah validitas pengembangan media puzzle pada materi menulis deskripsi peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan (Reseach and Development), menggunakan 5 tahap penyederhanaan yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain sebagai produk akhir. Validasi media terdiri dari 2 ahli materi dan 2 ahli media. Hasil penelitian ini adalah Media Pembelajaran puzzle damar kurung, (1) dengan persentase 91,6% penilaian dari 2 ahli materi yakni mencapai tergolong dalam kriteria sangat layak, (2) penilaian dari 2 ahli media yakni dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik mencapai presentase 95,8%% dengan kategori sangat layak. dari presentase tersebut maka Media puzzle damar kurung sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, berbasis kebudayaan lokal, damar kurung.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, berbasis kebudayaan lokal, damar kurung |
Subjects: | Special Aspect of Education Special Aspect of Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Putri Krisdiana Anggiandari |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 07:45 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 07:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6990 |
Actions (login required)
View Item |