Analisis Tipe Berpikir Predikatif Dan Fungsional Dengan Soal Higher Order Thinking Skill Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Saraswati, Intan (2022) Analisis Tipe Berpikir Predikatif Dan Fungsional Dengan Soal Higher Order Thinking Skill Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Halaman Pengesahan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Halaman Persetujuan Publikasi.pdf

Download (604kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Bab 1.pdf

Download (478kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Bab 5.pdf

Download (201kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB)
[img] Text
2023_TA_PMTK_16421018_Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik mampu memecahkan masalah matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu adanya latihan soal yang berbeda dari contoh yang sering diberikan oleh guru seperti soal tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang merupakan soal kompleks dan terbuka. Dalam menyelesaikannya, peserta didik memiliki tipe berpikir yang berbeda diantaranya tipe berpikir predikatif dan fungsional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tipe berpikir peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS. Subjek penelitian adalah 95 peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 9 Gresik tahun ajaran 2021-2022. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dari 95 peserta didik terdapat 18 peserta didik berkemampuan pemecahan masalah matematika kelompok tinggi, 68 peserta didik berkemampuan pemecahan masalah matematika kelompok sedang, dan 9 peserta didik berkemampuan pemecahan masalah matematika kelompok rendah. Dari 18 peserta didik berkemampuan tinggi, terdapat 15 peserta didik bertipe berpikir predikatif, 2 peserta didik bertipe berpikir fungsional, dan 1 peserta didik tidak dikelompokkan. Dari 68 peserta didik berkemampuan sedang, terdapat 26 peserta didik bertipe berpikir predikatif, 22 peserta didik bertipe berpikir fungional, dan 20 peserta didik tidak dikelompokkan. Dari 9 peserta didik berkemampuan rendah, terdapat 2 peserta didik bertipe berpikir fungsional dan 7 peserta didik tidak dikelompokkan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Predikatif, Fungsional
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Intan Saraswati
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:33
Last Modified: 29 Nov 2023 01:33
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item