PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN RUMASA (SERU MAIN BERSAMA) PADA MATERI JUAL BELI KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Anwar, Agita Fitria (2023) PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN RUMASA (SERU MAIN BERSAMA) PADA MATERI JUAL BELI KELAS 3 SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
HALAMAN PERTANYAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (159kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf

Download (186kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dan observasi kelas 3 UPT SD Negeri 119 Gresik, informasi sementara yang di peroleh peneliti mengenai permasalahan yang ada di kelas 3 pada materi jual beli adalah. Terdapat beberapa peserta didik kurang mampu dalam melakukan transaksi jual beli, tawar menawar, barter dan dengan hasil nilai ulangan harian ada beberapa peserta didik yang mendapatkan nilai yang rendah. Jenis penelitian pengembangan dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan melalui 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Desain (desain). Development (pengembangan),Implementation (imprementasi), dan Evaluation (evaluasi). Jumlah peserta didik laki-laki 8 peserta didik, dan jumlah peserta didik perempuan 11 peserta didik. Berdasarkana hasila penelitian peneliti menghasilkan suatu produk berupa media wayang kartun rumasa (Serua Maina Bersama) pada materi juala beli. Hasil penelitian dari validasi media memperoleh rata-rata 93%a “Sangat Valid”,validasi materi memeroleh rata-rata 98%a “Sangat Valid”,respon peserta didik memperoleh rata-rata 99%a “Sangat Valid. Berdasarkan hasil diatas maka produk yang dikembangkan oleh penelitian layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Adanya produk ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didik,sebagai tambahan media bagi pendidik,dana untuk penelitian selanjutnya,diharapkan dapata lebih menyempurnakan media wayang kartun agar lebih inovatif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Wayang Kartun, Jual Beli
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Agita Fitria Anwar
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:40
Last Modified: 26 Jan 2024 09:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9182

Actions (login required)

View Item View Item