Anwar, Agita Fitria (2023) PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN RUMASA (SERU MAIN BERSAMA) PADA MATERI JUAL BELI KELAS 3 SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERTANYAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan wawancara dan observasi kelas 3 UPT SD Negeri 119 Gresik, informasi sementara yang di peroleh peneliti mengenai permasalahan yang ada di kelas 3 pada materi jual beli adalah. Terdapat beberapa peserta didik kurang mampu dalam melakukan transaksi jual beli, tawar menawar, barter dan dengan hasil nilai ulangan harian ada beberapa peserta didik yang mendapatkan nilai yang rendah. Jenis penelitian pengembangan dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan melalui 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Desain (desain). Development (pengembangan),Implementation (imprementasi), dan Evaluation (evaluasi). Jumlah peserta didik laki-laki 8 peserta didik, dan jumlah peserta didik perempuan 11 peserta didik. Berdasarkana hasila penelitian peneliti menghasilkan suatu produk berupa media wayang kartun rumasa (Serua Maina Bersama) pada materi juala beli. Hasil penelitian dari validasi media memperoleh rata-rata 93%a “Sangat Valid”,validasi materi memeroleh rata-rata 98%a “Sangat Valid”,respon peserta didik memperoleh rata-rata 99%a “Sangat Valid. Berdasarkan hasil diatas maka produk yang dikembangkan oleh penelitian layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Adanya produk ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didik,sebagai tambahan media bagi pendidik,dana untuk penelitian selanjutnya,diharapkan dapata lebih menyempurnakan media wayang kartun agar lebih inovatif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Wayang Kartun, Jual Beli |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Agita Fitria Anwar |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 06:40 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 09:19 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9182 |
Actions (login required)
View Item |