Fitriyah, Lailatul (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Komitmen Afektif Guru Melalui Kepuasan Kerja Pada Guru Di MTS. Assa'Adah Bungah Gresik. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
2024_TS_MM_221001004_iii_PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (38kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_ii_PENGESAHAN.pdf Download (236kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_i_PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (111kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (76kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_HALAMAN JUDUL.pdf Download (973kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_BAB I.pdf Download (394kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_BAB II.pdf Download (486kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_BAB III.pdf Download (359kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
|
Text
2024_TS_MM_221001004_LAMPIRAN.pdf Download (422kB) |
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja direncanakan untuk tercapainya sebuah tujuan yang sudah di tetapkan. Pendidikan snagat menentukan kemajuan dan mutu sebuah bangsa, oleh sebab itu potensi guru sebagai komponen sumber daya manusia perlu dikembangkan agar dapat melakukan fungsinya secara maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hal yang mempengaruhi komitmen afektif guru. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap komitmen afektif guru dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi di MTs. Assa’adah Bungah Gresik, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausalitas. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah Guru MTs. Assa’adah Bungah Gresik yang berjumlah 106 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen afektif dengan nilai t-statistik 3,248 dan p-value 0,001, kecerdasan intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen afektif dengan nilai t-statistik 3,917 dan p-value 0,000, kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai t-statistik 5,214 dan p-value 0,000, kecerdasan intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai t-statistik 7,087 dan p-value 0,000, kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen afektif, kecerdasan emosional berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen afektif melalui kepuasan kerja dengan nilai t-statistik 3,344 dan p-value 0,001, dan kecerdasan intelektual berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen afektif melalui kepuasan kerja dengan nilai t-statistik 3,025 dan p-value 0,002. Serta variabel mediasi kepuasan kerja tidak dapat memediasi antara kecerdasan emosional dan keceerdasan intelektual terhadap komitmen afektif guru di MTs. Assa’adah Bungah dengan nilai t-statistik 2,737 dan p-value 0,006. Dari hasil penelitian diharapkan kepada guru MTs Assa’adah Gresik lebih meningkatkan kerja sama antar guru, serta peka terhadap lingkungan sekitar agar membantu keharmonisan struktur organisasi yang ada. Selain itu untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan variabel mediasi yang lain seperti motivasi kerja karena kepuasan kerja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Komitmen Afektif Guru, Kepuasan Kerja. |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | Lailatul Fitriyah |
Date Deposited: | 02 May 2024 03:43 |
Last Modified: | 02 May 2024 03:43 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10341 |
Actions (login required)
View Item |