Pengembangan Media Kartu Tod Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas V MIM 10 Tlogosadang

Maknuun, Lu’luum (2024) Pengembangan Media Kartu Tod Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas V MIM 10 Tlogosadang. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kartu Truth or Dare (TOD) pada pembelajaran PPKN di kelas V MIM 10 Tlogosadang untuk mengetahui validitas media permainan TOD pada mata pelajaran PPkn untuk siswa kelas V MIM 10 TLOGOSADANG dan mengetahui respon siswa dan guru terhadap media permainan TOD pada mata pelajaran PPkn untuk siswa kelas V MIM 10 TLOGOSADANG. Metode penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analyze (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media TOD pembelajaran PPKN di kelas V MIM 10 Tlogosadang tergolong yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi oleh validator media diperoleh persentase 80% tingkat kevalidan dengan kategori kuat. Hasil validasi oleh validator materi diperoleh persentase 86% dengan kategori sangat kuat. Hasil validasi bahasa oleh validator bahasa diperoleh presentase 84,4% kevalidan dengan kategori sangat kuat. Setelah layak untuk diuji cobakan, maka peneliti melakukan uji coba lapangan di kelas V dengan hasil beberapa hal dalam media terkait dengan media dan aturan yang perlu direvisi, kemudian peneliti membuat uji coba II. Pada uji coba tahap kedua ini, peneliti kembali menerima masukan dari siswa dan guru, dengan observasi juga dilakukan untuk menilai proses pembelajaran. Saran pada uji coba II revisi yang dilakukan hanya pada aspek tampilan warna. Oleh karena itu, revisi yang diimplementasikan pada tahap ini hanya bersifat minor, dan menghasilkan prototipe yang merupakan produk akhir dari pengembangan media TOD ini.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Addie, Media Pembelajaran, Kartu Truth or Dare
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Lu'luum Maknuun
Date Deposited: 14 May 2024 03:34
Last Modified: 14 May 2024 03:34
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item