Musa'adah, Lailatul (2023) Hubungan Self efficacy dengan Motivasi Belajar pada siswa Mts Tarbiyatul Aulad. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_HALAMAN ORISINALITAS.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_HALAMAN JUDUL.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_BAB 1.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_BAB 2.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_BAB 3.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_BAB 5.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
2023_TA_PSI_190701012_LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu aspek yang penting dalam kehidupan manusia. Dengan hal ini para siswa yang mengenyam pendidikan dibangku sekolah memerlukan dorongan motivasi guna upaya dalam proses pembelajaran. Motivasi yang tinggi akan meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar, namun nyatanya terdapat beberapa siswa yang masih kurang memiliki motivasi belajar dalam menjalankan pembelajaran dikelas. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yakni self efficacy, dengan adanya self efficacy yang tinggi pada siswa maka akan berdampak pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan motivasi belajar pada siswa Mts Tarbiyatul Aulad. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan populasi 166 siswa Mts Tarbiyatul Aulad melalui teknik sampling purposive. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada siswa-siswi melalui kunjungan kelas perkelas. Skala yang digunakan yakni skala likert dengan acuan aspek self efficacy menurut Bandura (1997) dan motivasi belajar menurut Pintrich (1991). Uji validitas pada penelitian ini menggunakan validitas isi dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan korelasi Spearman. Hasil dari penelitian ini disimpulkan terdapat hubungan positif antara self efficacy dengan motivasi belajar. Hal ini didapati dari nilai Sig 0.000 < 0.05, sehingga terdapat hubungan positif antar variabel. Korelasi antar variabel masuk pada kategori tinggi, hal ini didapati dari nilai correlation coeffient 0.682. Dengan hal ini jika self efiicacy pada siswa tinggi maka motivasi belajar siswa juga tinggi, begitupun sebaliknya jika self efficacy pada siswa rendah maka motivasi belajar siswa cenderung rendah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self efficacy, motivasi belajar, siswa |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Lailatul Musa'adah |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:18 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:18 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10451 |
Actions (login required)
View Item |