Pranoto, Yafi Aldi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Geogebra Untuk Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL .pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang teramat penting. Akan tetapi, masih banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam mempelajari materi. Kesulitan yang dialami saat mempelajari mata pelajaran ini umumnya karena sifat mata pelajaran tersebut bersifat abstrak dan memerlukan kemampuan berpikir logis dan sistematis. Di samping itu, lembar kerja peserta didik (LKPD) belum sepenuhnya memfasilitasi kebutuhan peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, dibuatlah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah LKPD dengan bantuan aplikasi Geogebra. Metode pengembangan yang digunakan untuk penelitian ini adalah model Four-D yang dimodifikasi (Define, Design, Develop). Subjek penelitian ini adalah beberapa siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah naskah soal Pre-Test, Post-Test, wawancara pendidik, angket kebutuhan peserta didik, angket peserta didik pasca uji coba, dan lembar validasi ahli media dan materi. Hasil analisis data penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKS dengan kriteria 1) Sangat Valid baik dari validasi ahli materi dengan persentase 81,82% dan validasi ahli media dengan persentase 82,35%. 2) Layak dari angket siswa yaitu 70,37% jawaban memenuhi kebutuhannya. 3) Tuntas dari hasil pretest dan posttest seluruh siswa di kelas, dengan nilai rata-rata 90,83 dari pretest dan 93,75 dari posttest. Dengan demikian, pengembangan LKS dengan Geogebra dapat dijadikan sebagai pendamping pembelajaran untuk memperkuat pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Teorema Pythagoras, Geogebra |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yafi Aldi Pranoto |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 03:17 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 03:17 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12179 |
Actions (login required)
View Item |