Shohib, Rita Nakashifa (2022) Pengembangan Media POWTOON Pada Materi Keragaman Sosial Budaya Di Indonesia Untuk Siswa Kelas 5 SD Negeri Duduk Lor. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN) (2).pdf Download (72kB) |
|
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (71kB) |
|
![]() |
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (69kB) |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (321kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan media POWTOON pada materi keragaman sosial budaya di indonesia untuk siswa kelas 5 sd negeri duduk lor bertujuan untuk mengetahui sebuah keefetifan, kevalidan, serta respon yang diterima oleh peserta didik. Dalam penelitian pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development, Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pada tahap analisis, analisis yang digunakan adalah analisis kevalidan media, analisis keefektifan media, dan analisis respon peserta didik. Pada analisis keefektifan dilakukan dnegan cara uji coba media kepada peserta didik, penyebaran angket respon peserta didik dan menggunakan sebuah penilaian dari validasi media dan materi yang nantinya akan dinilai langsung oleh para ahli media dan materi. Hasil dari penilaian akhir diberikan pada ahli media Powtoon materi keragaman sosial budaya di Indonesia adalah sebesar 95% dan 85%, media yang dikembangkan oleh peneliti dikategorikan sangat valid dan layak diterapkan di dalam pembelajaran kelas oleh para ahli media. keefektifan media dinilai dari hasil respon peserta didik dan uji coba yang menggunakan 3 model pembelajaran yaitu model pembelajaran KooperatifTipe TGT, inquiry dan Kooperatif tipe STAD. Penilaian menggunakan model KooperatifTipe TGT memperoleh hasil sebesar 95,2% dengan kategori sangat baik, penilaian menggunakan model Inquiry memperoleh hasil sebesar 85,7% dengan kategori sangat baik, dan penilaian menggunakan model Kooperatif tipe STAD memperoleh hasil sebesar 91,4% dengan kategori sangat baik. Sehingga media Powtoon ini dinyatakan dapat diterapkan dan digunakan dalam proses pemebelajaran di dalam kelas dengan syarat melihat saran dan komentar yang diberikan oleh para validator agar media pembelajaran menjadi media yang sempurna. Kata Kunci : Media Pembelejaaran, Keberagaman Sosial di Indonesia, Powtoon.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelejaaran, Keberagaman Sosial di Indonesia, Powtoon. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Rita Nakashifa Shohib |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:05 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:05 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |