Pengembangan Media POWTOON Pada Materi Keragaman Sosial Budaya Di Indonesia Untuk Siswa Kelas 5 SD Negeri Duduk Lor.

Shohib, Rita Nakashifa (2022) Pengembangan Media POWTOON Pada Materi Keragaman Sosial Budaya Di Indonesia Untuk Siswa Kelas 5 SD Negeri Duduk Lor. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN) (2).pdf

Download (72kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media POWTOON pada materi keragaman sosial budaya di indonesia untuk siswa kelas 5 sd negeri duduk lor bertujuan untuk mengetahui sebuah keefetifan, kevalidan, serta respon yang diterima oleh peserta didik. Dalam penelitian pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development, Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pada tahap analisis, analisis yang digunakan adalah analisis kevalidan media, analisis keefektifan media, dan analisis respon peserta didik. Pada analisis keefektifan dilakukan dnegan cara uji coba media kepada peserta didik, penyebaran angket respon peserta didik dan menggunakan sebuah penilaian dari validasi media dan materi yang nantinya akan dinilai langsung oleh para ahli media dan materi. Hasil dari penilaian akhir diberikan pada ahli media Powtoon materi keragaman sosial budaya di Indonesia adalah sebesar 95% dan 85%, media yang dikembangkan oleh peneliti dikategorikan sangat valid dan layak diterapkan di dalam pembelajaran kelas oleh para ahli media. keefektifan media dinilai dari hasil respon peserta didik dan uji coba yang menggunakan 3 model pembelajaran yaitu model pembelajaran KooperatifTipe TGT, inquiry dan Kooperatif tipe STAD. Penilaian menggunakan model KooperatifTipe TGT memperoleh hasil sebesar 95,2% dengan kategori sangat baik, penilaian menggunakan model Inquiry memperoleh hasil sebesar 85,7% dengan kategori sangat baik, dan penilaian menggunakan model Kooperatif tipe STAD memperoleh hasil sebesar 91,4% dengan kategori sangat baik. Sehingga media Powtoon ini dinyatakan dapat diterapkan dan digunakan dalam proses pemebelajaran di dalam kelas dengan syarat melihat saran dan komentar yang diberikan oleh para validator agar media pembelajaran menjadi media yang sempurna. Kata Kunci : Media Pembelejaaran, Keberagaman Sosial di Indonesia, Powtoon.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelejaaran, Keberagaman Sosial di Indonesia, Powtoon.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Rita Nakashifa Shohib
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:05
Last Modified: 24 Apr 2025 03:05
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item