Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMAN 1 Kedamean

Hakim, Afif Nur (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMAN 1 Kedamean. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
2025_TA_PSI_200701072_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pola asuh orang tua pada prestasi belajar siswa di SMAN 1 Kedamean. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 177 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian variabel pola asuh diambil dengan menyebarkan angket kuesioner kepada orang tua siswa yang telah dijadikan sampel kemudian variabel prestasi belajar menggunakan nilai rapor semester ganjil yang telah diberi izin oleh wakil kesiswaan di SMAN 1 Kedamean untuk dijadikan data. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert dengan 5 pilihan jawaban pada skala pola asuh. Alat ukur skala pola asuh yang digunakan dalam penelitian ini adalah parental authority questionnaire (PAQ-R) adopsi dari penelitian Shadira Fianni Darmagita dan Hery Susanto (2022) yang berdasarkan teori dari Baumrind mengenai pola asuh orang tua terdiri tiga dimensi, yaitu authoritarian, permissive, dan authoritative. Uji validitas skala menggunakan validitas isi. Uji reliabilitias dihitung melalui Cronbach’s Alpha. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model persamaan regresi sederhana, Hasil dalam uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sigfinikansi 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Kedamean. Hasil koefisien determinasi nilai R2 (R square) sebesar 0,193 atau 19,3%. Dapat diartikan bahwa variabel independen (prestasi belajar) mempengaruhi perubahan variabel dependen (pola asuh) adalah sebesar 19,3%. Sedangkan sisanya 80,7% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen yang diteliti, bisa dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor lingkungan, motivasi belajar, kecerdasan emosional, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Prestasi Belajar, Siswa
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Afif Nur Hakim
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:45
Last Modified: 24 Apr 2025 02:45
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item