Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Permainan Untuk Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Sa'adah, Nailis (2025) Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Permainan Untuk Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Tugas Akhir.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Pop-up Book berbasis permainan untuk keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Pada materi wawancara di kelas IV UPT SD Negeri 18 Gresik. Pengembangan media Pop-up Book berbasis permainan ini menggunakan penelitian model 4D yang memiliki 4 tahap yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) serta tahap terakhir yaitu Penyebaran (Disiminate) yang dilakukan hanya terbatas di kelas IV UPT SD Negeri 18 Gresik dengan jumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan dengan memvalidasi kepada validator ahli media, validator ahli materi, serta angket respon peserta didik Media Pop-up Book berbasis permainan telah melalui proses validasi untuk menilai kelayakannya sebagai sumber belajar. Hasil validasi ahli media menunjukkan skor rata-rata sebesar 88%, yang mengindikasikan tingkat kevalidan tinggi dan masuk kategori "sangat valid". Validasi ahli materi menghasilkan skor rata-rata sebesar 97%, juga termasuk kategori "sangat valid", menguatkan bahwa media ini sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil angket respon peserta didik menunjukkan penerimaan positif dengan skor rata-rata sebesar 85%, yang menempatkan media ini dalam kategori "sangat baik". untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci : Model 4D, Pop-up Book Berbasis Permainan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model 4D, Pop-up Book Berbasis Permainan
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nailis Sa'adah
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:22
Last Modified: 24 Apr 2025 03:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12792

Actions (login required)

View Item View Item