MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME

ROZI, FAHRUR (2014) MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAGIAN DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORITIS.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (178kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah usaha maksimal untuk menentukan kepribadian siswa berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam al-Qur`an dan as-Sunnah. Hal ini berarti bahwa pendidikan agama Islam memerlukan metode pembelajaran dan harus mendapat perhatian yang seksama dari pendidik agama karena memiliki pengaruh yang sangat berarti atas keberhasilannya. Metode CTL merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI, karena dengan menggunakan metode CTL merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam bahan pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari, yaitu, dengan konteks lingkungan pribadinya, sosialnya, dan budayanya. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode CTL pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana motivasi belajar siswa melalui metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Muhammadiyah 7 Cerme, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwasannya metode CTL merupakan salah satu metode yang digunakan pada pembelajaran PAI dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Demikian abstrak skripsi ini, yang kurang lebih dapat memberikan gambaran umum tentang isi dari skripsi ini secara keseluruhan. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah penulis sampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:21
Last Modified: 26 Jun 2019 04:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item