Mendorong Minat Belajar Siswa: Efektivitas Teknik Reinforcement Positive Untuk Siswa Sekolah Dasar

Rendiyono, Pramudya Wahyu (2025) Mendorong Minat Belajar Siswa: Efektivitas Teknik Reinforcement Positive Untuk Siswa Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (459kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH .pdf

Download (334kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas teknik Reinforcement Positive dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Manyar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi berupa Pre-Test dan Post-Test tanpa kelompok kontrol. Subjek dipilih melalui Purposive Sampling, yaitu empat siswa dengan tingkat minat belajar rendah berdasarkan hasil Pre-Test. Teknik Reinforcement Positive yang diterapkan mencakup pujian verbal, stiker penghargaan, dan hadiah simbolis. Data dikumpulkan menggunakan angket skala minat belajar yang dirancang berdasarkan indikator perasaan senang, keterlibatan, perhatian, dan ketertarikan siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat perbedaan hasil Pre-Test dan Post-Test. Hasil penelitian menunjukkan tren peningkatan minat belajar setelah intervensi, meskipun belum signifikan secara statistik. Teknik ini terbukti efektif menciptakan suasana belajar yang mendukung dan memotivasi siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan Reinforcement Positive secara konsisten untuk meningkatkan minat belajar siswa secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reinforcement Positive, Minat Belajar.
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Pramudya Wahyu Rendiyono
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:52
Last Modified: 24 Apr 2025 02:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13410

Actions (login required)

View Item View Item