AINIYAH, INNA YATUL (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI KEBOMAS GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Di dalam proses pembelajaran, masih banyak ditemukan peserta didik yang masih pasif selama proses pembelajaran, hal ini dikarenakan peserta didik hanya menunggu tugas yang diberikan oleh guru dan tidak banyak aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik yang mengakibatkan peserta didik tidak konsentrasi pada materi yang disampaikan dna kurang memahami apa yang telah dijelaskan oleh guru terutama pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Sebagai seorang guru diharapkan mampu mengelola kelas dengan menciptakan inovasi pembelajaran menyenangkan yang dapat menimbulkan semangat belajar bagi peserta didik dan menjadikan peserta didik lebih aktif selama proses pembelajaran. Untuk itulah penggunaan pembelajaran matematika menggunakan metode Pair Check yang dipopulerkan oleh Spencer Kagan pada tahun 1990 menerapkan pembelajaran berkelompok antar dua orang atau berpasangan untuk membantu peserta didik mempermudah dalam belajar matematika secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode Pair Check pada materi operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B SMP Muhammadiyah 4 Giri Kebomas Gresik tahun ajaran 2014-2015 yang terdiri dari 20 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan metode Pair Check, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan metode Pair Check pada materi operasi hitung bilangan bulat menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan sangat baik dengan skor 96,43 dan aktivitas peserta didik dikatakan baik dengan skor 78,92, dan ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal tercapai dengan prosentase 85%. Karena dua indikator efektivitas telah tercapai, maka pembelajaran matematika menggunakan metode Pair Check pada materi operasi hitung bilangan bulat dapat dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:28 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1411 |
Actions (login required)
View Item |