PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL ( PLSV ) KELAS VII B SMP ISLAMIC QON GKB GRESIK

MAULUDDIN, MUHAMMAD (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL ( PLSV ) KELAS VII B SMP ISLAMIC QON GKB GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (329kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (142kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang penting bagi kehidupan terutama pada bidang studi matematika. Peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika khususnya pada materi persamaan linear satu variabel salah satunya dikarenakan belum adanya media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut guru bisa menggunakan media pembelajaran dan memilih model pembelajaran yang sesuai. Salah satunya dengan pembelajaran menggunakan media permainan ular tangga dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan tujuan agar peserta didik memiliki semangat dalam mengikuti pembelajaran dan lebih mudah memahami materi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain “one-shot case study” yaitu dalam suatu kelas dikenakan pembelajaran matematika menggunakan media permainan ular tangga dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan untuk mendeskripsikan terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas, hasil tes ketuntasan belajar dan respon peserta didik di kelas VII SMP Islamic Qon GKB tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 28 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktivitas peserta didik selama pembelajaran, lembar angket dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 83,93 dan termasuk dalam kategori baik. sedangkan aktivitas peserta didik diperoleh skor rata-rata sebesar 80 dan termasuk dalam kategori baik. Dari ketuntasan secara klasikal mencapai 92,86% dan ini dikatakan bahwa pada materi pokok persamaan linear satu variabel (PLSV) adalah tuntas. Sedangkan data pengisian angket menunjukkan peserta didik setuju dan menyukai dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media permainan ular tangga.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:29
Last Modified: 28 Jun 2019 02:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item