PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN PENDEKATAN GEOMETRI PADA SISWA KELAS V SDN PANGKAH KULON UJUNGPANGKAH GRESIK

ASROFI, NAILUL (2014) PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN DENGAN PENDEKATAN GEOMETRI PADA SISWA KELAS V SDN PANGKAH KULON UJUNGPANGKAH GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kemampuan spasial peserta didik terhadap prestasi belajar matematika materi pecahan dengan pendekatan geometri pada siswa kelas V SDN Pangkah Kulon Ujungpangkah Gresik. Jumlah subyek sebanyak 33 peserta didik di kelas V SDN Pangkah Kulon Ujungpangkah Gresik tahun pelajaran 2013-2014. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar tes kemampuan spasial dan hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai tes kemampuan spasial dan hasil belajar matematika peserta didik. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Hipotesis (Uji F), dengan penghitungan menggunakan bantuan SPSS 14.0. Dari hasil uji regresi diperoleh persamaan regresi Y = 39,722 + 0,471 X. Pada penentuan koefisien korelasi di peroleh R = 0,524 ini menunjukkan bahwa adanya derajat hubungan yang cukup atau sedang antara kemampuan spasial dan hasil belajar matematika. Uji hipotesis dilakukan dengan Uji F yang memperoleh hasil sig = 0,002 < α ( 0,05 ), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan spasial peserta didik terhadap hasil belajar matematika di kelas V SDN Pangkah Kulon Ujungpangkah Gresik. Sedangkan untuk koefisien determinasi (�2) sebesar 0,274 artinya sekitar 27,4 % kemampuan spasial berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:29
Last Modified: 28 Jun 2019 02:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item