PEMBELAJARAN PERKALIAN METODE BERHITUNG JARIMATIKA PADA ANAK AUTIS DI AMANAH AUTISME MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA JARI TANGAN

SARI, NOVITA INDAH (2014) PEMBELAJARAN PERKALIAN METODE BERHITUNG JARIMATIKA PADA ANAK AUTIS DI AMANAH AUTISME MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA JARI TANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pengamatan penulis pada anak autis yang memiliki karakter yang berbeda dengan anak biasa pada umumnya yang memiliki kesulitan berhitung perkalian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika anak autis dan mendeskripsikan kemampuan berhitung perkalian pada anak autis melalui metode berhitung jarimatika menggunakan media boneka jari tangan di Amanah Autisme. Subjek penelitian ada 3 orang anak autis yang mampu melakukan operasi hitung perkalian. Pembelajarannya dilakukan secara individual dimana hanya ada peneliti yang bertindak sebagai pengajar sekaligus observer dan anak autis. Peneliti menggunakan alat perekam audiovisual sebagai alat penunjang pengumpulan data. Pembelajarannya menggunakan metode jarimatika dengan menggunakan media boneka jari tangan. Hasil-hasil penelitian adalah : a. Guru/peneliti melakukan pendekatan pada anak autis. b. Guru/peneliti bertanya kepada anak autis apakah sudah atau belum belajar perkalian. c. Guru/peneliti mengajarkan metode berhitung jarimatika pada anak autis. d. Anak autis menirukan apa yang diperagakan oleh Guru/peneliti. e. Guru/peneliti mengecek apakah anak autis dapat mengerjakan soal perkalian dengan metode berhitung jarimatika. f. Guru/peneliti memberikan reward kepada anak autis atas hasil soal perkalian yang telah dikerjakan. g. Guru/peneliti mengakhiri proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:14
Last Modified: 28 Jun 2019 03:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item