PENGARUH TINGKAT SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI

JANNAH, DAHLIA NUR (2014) PENGARUH TINGKAT SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mahasiswa dalam menempuh studi tentunya memiliki tujuan dan sasaran sesuai dengan jurusan yang dipilihnya, agar dapat menyelesaikan studinya seorang mahasiswa harus melalui tahap penulisan skripsi atau tugas akhir. Dalam proses penyusunan skripsi tersebut dibutuhkan Self efficacy untuk mendukung motivasi belajarnya, apabila seseorang merasa yakin mampu menghadapi tantangan maka biasanya orang tersebut terdorong melakukan kegiatan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara tingkat self efficacy terhadap motivasi belajar pada mahasiswa yang menyelesaikan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan karakteristik permasalahannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa semester ganjil angkatan 2009 Universitas Muhammadiyah Gresik yang sedang menyusun Skripsi. Sedangkan metode pengumpulan data dari kedua variabel menggunakan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala Likert. Untuk mengukur Tingkat Self Efficacy dan Motivasi Belajar dengan menggunakan pilihan jawaban SS (Sangat Sesuai), S (Sesuai), CS (Cukup Sesuai), TS (Tidak Sesuai), STS (Sangat Tidak Sesuai). Data dari kedua variabel diolah dengan teknik statistik regresi sederhana dengan taraf signifikansi 5 %. Dapat diketahui bahwa r = 0,609, p = 0.000; p < 0,05. Karena taraf signifikasi p lebih kecildari 0,05, maka Ho ditolak. Koefisien Determinasi (r²) dari r = 0,609 artinya r²= 0,371. Berdasarkan analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sumbangan/pengaruh tingkat self efficacy terhadap motivasi belajar sebesar 37,1%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology > Philosophy
Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 01 Jul 2019 01:41
Last Modified: 01 Jul 2019 01:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item