Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Penggabungan Mata Pelajaran IPA Dan IPS Kelas 4 Di UPT SD Negeri 31 GRESIK

Fatmawati, Desy (2023) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Penggabungan Mata Pelajaran IPA Dan IPS Kelas 4 Di UPT SD Negeri 31 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAN ORISINALITAS (KEASLIAN TULISAN).pdf

Download (167kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Halaman pernyataan persetujuan publikasi tugas akhir..pdf

Download (296kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (978kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan dampak Kurikulum Merdeka pada penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS kelas 4 di UPT SD Negeri 31 Gresik tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif, prosedur penelitian ini melalui beberapa tahap yakni mengidentifikasi masalah, pembatasan masalah, penetapan fokus penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, pemunculan teori atau hipotesis, pelaporan hasil penelitian. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran IPAS, Peserta didik. Hasil Analisis dari penelitian ini yakni Implementasi mata pelajaran IPAS kelas 4 di UPT SD Negeri 31 Gresik sudah cukup baik, CP,TP,Modul ajar diterapkan dengan cukup baik, peserta didik merasa senang dengan mata pelajaran IPAS, meskipun masih ada beberapa kendala dalam penggabungan mata IPA dan IPS yang masih susah digabungkan dalam satu pertemuan. Akan tetapi kepala sekolah dan guru akan terus belajar sehingga dapat mengimplementasikan mata pelajaran IPAS menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, IPAS, Kurikulum Merdeka
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Desy Fatmawati
Date Deposited: 14 Nov 2025 10:38
Last Modified: 14 Nov 2025 10:38
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15083

Actions (login required)

View Item View Item