Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Liveworksheet dengan Model Discovery Learning Berdasarkan Kesiapan Belajar

Junaidi, Muhammad Arif (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Liveworksheet dengan Model Discovery Learning Berdasarkan Kesiapan Belajar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf

Download (98kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (170kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 October 2030.

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Lampiran Penelitian.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Discovery Learning menggunakan platform liveworksheet, serta menganalisis efektivitas penggunaannya berdasarkan kesiapan belajar siswa. E-LKPD dikembangkan untuk mendukung pembelajaran matematika pada materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Gresik. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika serta kurangnya bahan ajar interaktif yang sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan belajar siswa. Pengembangan E-LKPD dilakukan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap implementasi, E-LKPD diujicobakan pada kelompok kecil siswa yang diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesiapan belajar menjadi tiga kategori: butuh bantuan, berkembang, dan mahir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar tes diagnostik kesiapan belajar, lembar validasi ahli, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media untuk memastikan kelayakan isi, tampilan, dan interaktivitas dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan tergolong sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. ELKPD ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan hasil belajar siswa pada setiap tingkat kesiapan belajar. Siswa dengan kesiapan belajar yang rendah terbantu melalui bantuan visual dan instruksi yang jelas, sedangkan siswa dengan kesiapan belajar mahir merasa tertantang melalui soal eksploratif dan pemecahan masalah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa E-LKPD berbasis liveworksheet dengan model Discovery Learning mampu menunjang pembelajaran matematika yang lebih interaktif, adaptif, dan bermakna.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, discovery learning, liveworksheet, kesiapan belajar
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Muhammad Arif Junaidi
Date Deposited: 24 Nov 2025 07:10
Last Modified: 24 Nov 2025 07:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15145

Actions (login required)

View Item View Item