SISTEM INFORMASI PELAYANAN DAN TAGIHAN REKENING AIR BERBASIS SMS GATEWAY (STUDI KASUS : HIPPAM WONOKROMO DESA JOGODALU, KECAMATAN BENJENG, KABUPATEN GRESIK)

HUDA, AGUS KHOIRUL (2014) SISTEM INFORMASI PELAYANAN DAN TAGIHAN REKENING AIR BERBASIS SMS GATEWAY (STUDI KASUS : HIPPAM WONOKROMO DESA JOGODALU, KECAMATAN BENJENG, KABUPATEN GRESIK). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.BAB I .pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.BAB II .pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.BAB III.pdf

Download (845kB) | Preview
[img] Text
14.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
15.BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

HIPPAM Wonokromo merupakan perusahaan daerah yang bergerak dibidang pengelolaan air minum dan pengelolaan sarana air kotor. Saat ini untuk mendapatkan pelayanan mengenai informasi tagihan rekening air dan melaporkan pengaduan terhadap pelayanan HIPPAM Wonokromo, pelanggan harus datang ke kantor pusat sehingga membuat proses pelayanan tidak optimal dan tidak efisien. Untuk memberikan pelayanan yang optimal, maka diperlukan suatu pembuatan sistem informasi baru yang lebih baik dengan menggunakan fasilitas teknologi informasi yang dapat di akses oleh pelanggan dengan mudah. Sistem informasi pelayanan dan Tagihan Rekening Air Berbasis SMS Gateway HIPPAM Wonokromo, diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan sehingga tingkat kepuasan pelanggan pun meningkat dan memberikan pengaruh yang positif bagi pendapatan perusahaan, karena dengan SMS Gateway bisa memudahkan pelanggan untuk cek informasi tagihan rekening air jarak jauh dengan hanya mengirim SMS, serta pengaduhan keluhan pelanggan dengan menggunakan SMS, sehingga proses kerusakan oleh pelanggan dapat segera ditangani dan juga Informasi tanggal jatuh tempo melalui SMS agar pelanggan bisa membayar tepat waktu tanpa terkena denda. Pengimplementasian hasil perancangan dan pembangunan sistem informasi yang baru ini adalah berupa proses-proses antara lain Pendaftaran pelanggan, keluhan pelanggan melalui SMS, informasi Perbaikan melalui SMS, informasi tagihan rekening melalui SMS, dan Pembayaran serta pembuatan laporan terkait proses tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 01 Jul 2019 10:22
Last Modified: 01 Jul 2019 10:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item