M U D I O N O, . (2013) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KARAKTER DI SMP NEGERI 2 BALONGPANGGANG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (776kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini berjudul “ Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di SMP N 2 Balongpanggang Gresik ”. Pendidikan itu sangat penting dalam kehidupan . Namun bila dilihat pada saat sekarang ini orang tua kurang memperhatikan mengenai karakter dan akhlak anaknya. Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana membina karakter anak di sekolah maupan di rumah. Adapun tujuan penulis mengangkat sebuah karangan ini adalah untuk mengaktualisasikan prilaku di sekolah dan lingkungan setempat cara-cara yang dapat dilakukan oleh fihak sekolah dan guru dalam membina dan mengarahakan , yang mempengaruhi pembinaan kecerdasan akhlak dan bagaimana peran guru dalam membina karakter spiritual anak dalam sekolah. Sedangkan kegunaan pembahasan ini adalah sebagai acuan bagi kepala sekolah , pendidik, pemerhati dan penanggungjawab pendidik, pemerhati dan penanggungjawab pendidikan pada umumnya dalam upaya menanamkan karakter Islami terhadap anak. Tujuan dan manfaat skripsi ini dilakukan kajian kepustakaan ( library research ) baik terhadap literatur-literatur yang mendukung kajian ini dan literatur sekunder. Data-data dari literatur tersebut kemudian didefinisikan dan diklarifikasikan secara cermat sesuai dengan topik masing-masing permasalahan yang dibahas kemudian untuk dianalisis dan diinterpretasikan. Dan untuk menarik kesimpulan menggunakan sistim berpikir induktif, deduktif dan komperatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kecerdasan karakter spiritual itu adalah sesuatu yang xii berkaitan dengan ruh, semangat dan jiwa religius serta memiliki pola pemikiran tauhid (integralistik) serta berprinsip hanya karena Allah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan karakter antara lain sumber kecerdasan itu sendiri (God-spot), potensi qalbu (hati nurani) dan kehendak nafsu. Sedangkan secara umum ada dua faktor utama yang mempengaruhi karakter yaitu; faktor genetik atau bawaan dan faktor lingkungan yaitu lingkungan rumah, kecukupan nutrisi, interfensi dini dan pendidikan di sekolah. Langkah-langkah yang harus diperhatikan guru dalam pembinaan karakter relegius pada anak antara lain: jadilah kita “ kecerdasan karakter relegius ” yang baik, bantulah anak untuk merumuskan “misi” hidupnya, ajarkan Al-Qur’an bersama-sama dan jelaskan maknanya dalam kehidupan, ceritakan kisah-kisah nabi dan rasul serta kisah teladan lainnya, libatkan anak dalam kegiatan-kegiatan ritual keagamaan, bacakan puisi-puisi atau lagu-lagu yang spiritual dan inspirasional, bawa anak untuk menikmati keindahan alam, ikut sertakan anak dalam kegiatan-kegiatan sosial dan jadilah cermin positif bagi anak. Upaya guru dalam membina kecerdasan karakter spiritual anak dalam sekolah adalah melalui 3 ranah aspek, yaitu melalui jalan pengendalian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. ( Head, Heart, Hand )
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education Islamic Religion > Islamic Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 11:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 11:23 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1590 |
Actions (login required)
View Item |