ROFIQOH, AISYATUR (2013) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI LIMAS DI KELAS VIII G SMP NEGERI 1 MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika seringkali guru yang bertugas sebagai pengelola pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru (teacher centered approach), sehingga peserta didik kurang mendalami konsep yang dipelajari. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika guru harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan menjadikan pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu diciptakan formula pembelajaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika. Para guru terus berusaha menyusun dan menerapkan berbagai pendekatan pembelajaran yang bervariasi agar peserta didik lebih tertarik dan lebih aktif dalam belajar matematika. Salah satunya dengan penerapan pendekatan pembelajaran berbasis otak atau Brain Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 1 Manyar yang berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning dikategorikan baik, aktivitas peserta didik selama pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning dikategorikan baik, ketuntasan klasikal dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah tercapai dan untuk respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan pendekatan Brain Based Learning , dinyatakan respon mereka positif. Karena dari seluruh indikator tersebut tercapai.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 12:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 12:10 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1702 |
Actions (login required)
View Item |