EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI LIMIT FUNGSI MELALUI PENGGUNAAN LKS KELAS XI MA HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG

IRMAWATI, DWI (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI LIMIT FUNGSI MELALUI PENGGUNAAN LKS KELAS XI MA HIDAYATUL UMMAH BALONGPANGGANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebagian besar peserta didik menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dibanding dengan mata pelajaran lain.Ditambah lagi dengan penjelasan dari guru mereka yang membingungkan.Untuk itu seorang guru perlu mengadakan variasi dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran yang dilakukan bisa efektif. Maka dari itu peneliti menggunakan pembelajaran tutor sebaya yang dipadukan dengan LKS sebagai pendukung pembelajaran agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar matematika.Karena dengan pembelajaran tutor sebaya ini peserta didik lebih mudah memahami penjelasan temannya tantang materi dengan bahasa yang mudah. Sehingga mereka mengerti dengan baik tentang materi yang dipelajari. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikankemampuan guru dalammengelolapembelajaran, aktivitaspesertadidik, hasilbelajarpesertadidik, serta responpesertadidik terhadap pembelajarantutor sebaya melalui penggunaan LKS pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Hidayatul Ummah Balongpanggang tahun 2012/2013 yang berjumlah 32 peserta didik. Penelitian dilakukan dua kali pertemuan dengan pembelajaran tutor sebaya dan satu kali tes hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasilanalisis data menunjukkan Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 92,65.Aktivitaspesertadidikdalam pembelajaran tutor sebaya melalui penggunaan LKS memenuhuikriteria aktif lebih dari 50% yaitu pada prosentase 71,72%. Untuk hasil belajar peserta didik secara individu dengan nilai ≥ 75, dan secara klasikal telah mencapai lebih dari 80% yaitu sebesar 81,25%, dan untuk respon peserta didik dinyatakan respon mereka positif dengan rata-rata peserta didik menjawab “Ya” lebih dari 50% yaitu sebesar 76,79%. Karena dari empat indikator tersebut seluruhnya telah terpenuhi maka pembelajaran tutor sebaya melalui penggunaan LKS pada materi limit fungsi aljabar di MA Hidayatul Ummah Balongpanggang dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 04 Jul 2019 12:11
Last Modified: 04 Jul 2019 12:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item