MAISYAROH, SITI (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Assisted Individualization) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP AL-AZHAR MENGANTI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, masih banyak ditemukan peserta didik yang masih pasif selama proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan peserta didik hanya menunggu tugas yang diberikan oleh guru dan tidak banyak aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik, sehingga mengakibatkan peserta didik tidak konsentrasi pada materi yang disampaikan dan kurang memahami apa yang telah dijelaskan oleh guru terutama pada materi prisma dan limas. Sebagai seorang guru diharapkan mampu mengelola kelas dengan menciptakan inovasi pembelajaran yang menyenangkan yang dapat menimbulkan semangat belajar bagi peserta didik dan menjadikan peserta didik lebih aktif selama proses pembelajaran. Untuk itulah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan kesempatan kepada peserta didik dengan bekerja dalam kelompok untuk saling membantu dalam menyelesaikan masalah matematika dengan lebih mudah dan secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi prisma dan limas di kelas VIII SMP Al-Azhar Menganti. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A SMP Al-Azhar Menganti yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik selama pembelajaran, dan soal tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, yaitu 88,69. Aktivitas peserta didik dikatakan aktif dengan persentase 56,85%, dan hasil belajar peserta didik secara klasikal dikatakan tuntas dengan persentase 81,25%. Dari tiga indikator tersebut, semua indikator telah terpenuhi maka model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi prisma dan limas di kelas VIII SMP Al-Azhar Menganti dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 10:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 10:18 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2441 |
Actions (login required)
View Item |