Fahmi, Mohammad (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MODEL PEMBELAJARAN CTL MENGGUNAKAN MEDIA GEOBOARD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AIR PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII MTS NURUL ISLAM PONGANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
3BAB I asli.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
4BAB II asli.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
5BAB III asli.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text
6BAB IV asli.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
|
Text
7BAB V asli.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
7DAFTAR PUSTAK.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Interaksi belajar mengajar yang baik adalah guru yang tidak mendominasi di kelas, tetapi membantu menciptakan kondisi yang kondusif serta memberikan motivasi dan bimbingan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya melalui kegiatan belajar. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, faktor keaktifan sebagai subjek belajar sangat menentukan. Sementara itu, sebagian peserta didik beranggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit. Hal inilah yang menjadikan mereka takut dan malas untuk belajar matematika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi rasa takut peserta didik pada pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan suatu model pembelajaran. Pembelajaran CTL menggunakan media Geoboard dan Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR merupakan model pembelajaran inovatif yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara pembelajaran CTL menggunakan media geoboard dengan pembelajaran kooperatif tipe AIR pada materi jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya di kelas VII MTs Nurul Islam Pongangan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian komparatif. Sampel penelitian adalah kelas VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan. Dari data yang terkumpul dan diadakan analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen dan didapatkan nilai sig = 0,023 < dari α = 0,05 pada table Levenne’s Test uji hipotesis. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan pembelajaran CTL meggunakan media Geoboard dengan pembelajaran Kooperatif tipe AIR pada materi segitiga kelas VII C dan VII D MTs Nurul Islam Pongangan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 10:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 10:19 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2447 |
Actions (login required)
View Item |