STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 MANYAR GRESIK

ZUHDI, MOHAMMAD MASYFUQ (2015) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI MULTIPLE INTELLIGENCES PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
8.1 ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I _ PENDAHULUAN.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II _ KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III _ METODE PENELITIAN.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV _ HASIL DAN ANALISIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img]
Preview
Text
17. BAB V _ KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika berdasarkan teori multiple intelligences. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan populasi peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Manyar Gresik tahun ajaran 2014-2015. Sampel yang diambil menggunakan prosentase 40% dari delapan kelas dengan menggunakan teknik stratified purposive sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas IX-A, IX-B, dan IX-C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestik, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan naturalis. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa angket multiple intelligences dan tes hasil belajar matematika. Setelah dilakukan tes multiple intelligences terdapat 8 peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan linguistik, 11 peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan logika-matematika, 12 peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan visual-spasial, 7 peserta didikyang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan kinestik, 8 peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan musik, 10 peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan intrapersonal, 15 peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan interpersonal, dan 4 peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan naturalis. Kemudian setelah dikaji dan dianalisis, berdasarkan hasil pengolahan secara statistik dengan taraf signifikan = 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan linguistik, kecerdasan logika-matematika, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestik, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan naturalis. Perbedaan itu terdapat pada (1) kelompok peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan logika-matematika dengan kelompok peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan kinestik, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan naturalis. (2) kelompok peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan visual-spasial dengan kelompok peserta didik yang memiliki kecenderungan potensi kecerdasan kinestik, kecerdasan musik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan naturalis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 02 Aug 2019 10:19
Last Modified: 02 Aug 2019 10:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2448

Actions (login required)

View Item View Item