PERILAKU MENCARI BANTUAN AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEBOMAS

IZZATI, ILFI (2017) PERILAKU MENCARI BANTUAN AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK OKE.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I OKE.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II OKE.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III OKE.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB IV OKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
BAB V OKE.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA OKE.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang penting bagi kemajuan bangsa. Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mendasari perkembangan teknologi modern, oleh karena itu diajarkan dari tingkat dasar sampai tingkat atas. Namun faktanya banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam belajar matematika. Oleh karena itu perilaku mencari bantuan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukannya. Untuk membantu peserta didik agar dapat meningkatkan usaha mencari bantuan dalam masalah adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran, serta perilaku mencari bantuan akademik peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kebomas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-G SMP Negeri 2 Kebomas tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 32 peserta didik dan kemudian diambil 6 peserta didik untuk diobservasi. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode angket. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi perilaku mencari bantuan akademik peserta didik, tes hasil belajar dan lembar angket perilaku mencari bantuan akademik peserta didik. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan baik. Hasil belajar peserta didik tergolong tuntas. Sedangkan persentase dari perilaku mencari bantuan adaptif dimana peserta didik mencari bantuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah secara independen adalah 68,75%, sedangkan persentase perilaku mencari bantuan eksekutif dimana peserta didik mencari bantuan untuk memperoleh tugas dengan segera adalah 12,5%, dan persentase perilaku mencari bantuan tertutup dimana peserta didik mencari bantuan untuk menutupi ketidakmampuan adalah 18,75%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:20
Last Modified: 05 Aug 2019 02:20
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item View Item