PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN BERITA SURAT KABAR (KORAN) SEBAGAI BAHAN AJAR STATISTIK KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 8 CERME TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

Aprianto, Hafid (2015) PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN BERITA SURAT KABAR (KORAN) SEBAGAI BAHAN AJAR STATISTIK KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 8 CERME TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu faktor pendukung dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan informasi pendidik dan peserta didik dalam implementasi pembelajaran sesuai konteks pembelajaran. Maka dalam kegiatan pembelajaran diperlukan peran aktif dari guru maupun peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai serta perlu adanya media yang dapat mendukung pembelajaran yang kontekstual. Salah satunya menggunakan media Koran sebagai bahan ajar. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Hasil belajar peserta didik dan bagaimana respon peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan surat kabar (KORAN) sebagai bahan ajar Statistik untuk pembelajaran CTL di kelas XI IPA A SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA A SMA Muhammadiyah 8 Cerme tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 25 peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar peserta didik dan bagaimana respon peserta didik dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan berita surat kabar (koran) sebagai bahan ajar statistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian “ One-Shot Case Study ’’. Metode pengamatan dalam penelitian ini adalah dengan cara angket dan pemberian tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan lembar tes. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ketuntasan belajar dari penerapan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) menggunakan berita surat kabar (KORAN) sebagai bahan ajar statistik tuntas secara klasikal dengan prosentase 88 % . (2) respon peserta didik pada penerapan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) menggunakan berita surat kabar (KORAN) sebagai bahan ajar statistik adalah positif

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:01
Last Modified: 05 Aug 2019 04:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item