PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V-A SDN BANJARSARI CERME

SUHANTORO, MUHAMMAD (2017) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V-A SDN BANJARSARI CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
12 BAB 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
13 BAB 2.pdf

Download (209kB)
[img] Text
14 BAB 3.pdf

Download (198kB)
[img] Text
15 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
16 BAB 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Di dunia pendidikan, pendidikan Matematika sangat berperan dalam kehidupan manusia karena dengan matematika seseorang dapat meningkatkan kemampuan bernalar, berfikir kritis, logis, sistematis, dan kreatif. Namun dalam kenyataannya matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bahkan oleh sebagian pelajaran dianggap menakutkan. Pembelajaran konvensional yang sering diterapkan guru membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh serta gairah belajar berkurang sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yakni terjadinya penurunan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran sebagai alternatif agar terjadi peningkatan terhadap hasil belajar adalah dengan Think-Talk-Write. Metode Think-Talk-Write (TTW) adalah pembelajaran dimana peserta didik diberikan kesempatan untuk memulai belajar dengan memahami permasalahan terlebih dahulu, kemudian terlibat secara aktif dalam diskusi kelompok dan akhirnya menuliskan dengan bahasa sendiri hasil belajar yang diperolehnya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Think-Talk-Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A SDN Banjarsari Cerme sebanyak 31 peserta didik, terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar soal tes hasil belajar, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran matematika dengan metode Think-Talk-Write pada materi sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dimana rata-rata hasil belajar peserta didik dalam satu kelas dari siklus I sebesar 74 selanjutnya dari siklus II sebesar 80. Kemudian pada ketuntasan secara klasikal siklus I mencapai 67,74% selanjutnya pada siklus II ketuntasan mencapai 80,64%. Dimana indikator peningkatan rata-rata hasil belajar satu kelas dan klasikal mencapai ≥ 70 dan 70%. Oleh karena itu, pembelajaran matematika menggunakan metode Think-Talk-Write mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:03
Last Modified: 07 Aug 2019 02:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item