Fattah, Bony (2017) REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MENURUT PANDANGAN BRUNER DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN JENIS KELAMIN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (351kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) | Preview |
Abstract
Representasi matematis sangat dibutuhkan oleh peserta didik agar dapat dengan mudah menyampaikan ide-ide dan gagasan dengan menginterpretasikan pemikiran terhadap suatu masalah matematika. Dalam teori perkembangan kognitif, Bruner membedakan representasi atas enactive, iconic dan symbolic. Representasi matematis dapat dilatih dan dikembangkan melalui kebiasaan menyelesikan soal-soal geometri. Selain itu representasi matematis erat kaitannya dengan kemampuan matematika dan jenis kelamin. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan representasi matematis peserta didik menurut pandangan Bruner dalam menyelesaika soal geometri ditinjau dari kemampuan matematika (tinggi, sedang, dan rendah) dan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) di SMPN 1 Duduk Sampeyan Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 peserta didik kelas VIII-H SMPN 1 Duduk Sampeyan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes representasi matematis, dan pedoman wawancara. Dari hasil analisis data, representasi matematis peserta didik laki-laki yang memiliki kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi ketiga indikator representasi matematis, peserta didik laki-laki yang memiliki kemampuan matematika sedang dapat memenuhi ketiga indikator representasi matematis, sedangkan peserta didik laki-laki yang memiliki kemampuan matematika rendah hanya dapat memenuhi dua indikator representasi matematis. Representasi matematis peserta didik perempuan yang memiliki kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi ketiga indikator representasi matematis, peserta didik perempuan yang memiliki kemampuan matematika sedang dapat memenuhi dua indikator representasi matematis, sedangkan peserta didik perempuan yang memiliki kemampuan matematika rendah tidak dapat memenuhi ketiga indikator representasi matematis
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:03 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2567 |
Actions (login required)
View Item |