IMPLEMENTASI MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI TK AZ-ZAHRO BENDIL KEPATIHAN MENGANTI GRESIK

Mu’arofah, Mu’arofah (2017) IMPLEMENTASI MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DI TK AZ-ZAHRO BENDIL KEPATIHAN MENGANTI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengembangan potensi yang dimiliki anak TK dalam kamapuan dasar bahasa arab sebagai bahasa Al-Quran. Implementasi media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik dilakukan setiap hari mulai hari Senin sampai Sabtu. Dalam penerapan media flashcard dibutuhkan kemampuan seorang guru yang dapat memainkan flashcard dengan baik dan benar saat proses pembelajaran. Sehingga, dalam proses pembelajaran tidak ada kesulitan baik dari pihak guru maupun pihak siswa dalam menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar dampak peggunaan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah pada siswa TK. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu terdiri dari dua data yaitu data primer yang diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah dan guru di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik sedangkan data sekunder dapat diperoleh dari data lainnya yang mendukung penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan bahwa penerapan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah di TK Az Zahro Kepatihan Menganti Gresik, siswa dapat menerima materi dengan mudah dan lebih semangat selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini adalah 1) Tahapan media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah yang diawali dari seorang guru membacakan simbol yang ada pada flashcard yang kemudian diikuti oleh semua siswa secara klasikal, setelah itu guru memberikan pertanyaan mengenai simbol yang terdapat diflashcard yang harus dijawab oleh siswa secara individu. 2) Faktor pendukung media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah dapat disimpulkan melalui kemampuan seorang guru dalam memainkan flashcard. Sedangkan faktor penghambat media flashcard dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah terdiri dari dua faktor yakni faktor dari dalam dan luar. Faktor dalam terjadi karena siswa itu sendiri sedangkan faktor luar dapat terjadi karena guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:52
Last Modified: 23 Aug 2019 03:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2748

Actions (login required)

View Item View Item