PENERAPAN METODE THINK PAIR AND SHARE (BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SMP MUHAMMADIYAH 02 LAMONGAN

AZMI, ULUL (2015) PENERAPAN METODE THINK PAIR AND SHARE (BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SMP MUHAMMADIYAH 02 LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan metode Think Pair and Share pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metodo penelitian ini penggunakan metode deskriptif-kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah Data Subjek, Data fisik dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini terdiri dari 2 data yaitu adalah Data Primer berupa guru Akidah Akhlak dan siswa-siswi kelas VIII Sedangkan data sekundernya berupa kepala sekolah dan data lainnya yang mendukung penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupareduction, data display, dan verifikasi. Simpulan dari penelitian ini bahwa penerapan metode Think Pair And Share dalam pembelajaran Akidah Akhlak yang ada di SMP Muhammadiyah 02 Lamongan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII. Adapun langkah-langkah dalam melakukan metode ini yaitu (a) Guru menjelaskan materi secara singkat lalu memberikan pertanyaan kepada semua siswa untuk di jawab secara individu terlebih dahulu, (b) Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok secara acak, (c) Guru memerintahkan tiap kelompok untuk mendiskusikan hasil dari tiap individu (d) Setelah itu perwakilan tiap kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil dari diskusi sebelumnya. Keberhasilan metode ini ditandai dengan meningkatnya hasil nilai ulangan, bahwasannya dengan menggunakan metode sebelumnya rata-rata nilai hasil ulangan siswa belum mencapai standar nilai yang diharapkan ( ≤ 75), namun ketika sudah menggunakan metode Think Pair and Share ini, mayoritas nilai rata-rata siswa kelas VIII tersebut mengalami peningkatan (≥ 75).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:55
Last Modified: 26 Aug 2019 02:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item