PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD (KARTU KILAS) PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT DI KELAS VII MTs. MIFTAHUL ULUM PEGANDEN MANYAR GRESIK

PAMUNGKAS, FATIMAH (2012) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD (KARTU KILAS) PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT DI KELAS VII MTs. MIFTAHUL ULUM PEGANDEN MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
REVISI ABSTRACT FATIMAH.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I bimbingan7.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB II bimbingan7B.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB III bimbingan7.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB Iv bimbingan8.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB V bimbingan 8.pdf

Download (35kB)

Abstract

Pembelajaran matematika dengan konsep-konsep abstrak memerlukan media yang dapat memperjelas pemahaman konsep tersebut. Media pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Dalam penggunaannya harus memperhatikan jenis kompetensi yang ingin dicapai dan bahan ajar yang diperlukan. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika salah satu materi yang dianggap sulit oleh peserta didik kelas VII adalah mengidentifikasi sifat bangun segi empat. Kesulitan itu timbul karena peserta didik hanya mengangan-angan dan membayangkan sisi, diagonal, dan sudut bangun tersebut tanpa melihat dan mengamati secara langsung tentang sisi, diagonal dan sudut bangun tersebut. Untuk itu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan media Flash Card (Kartu Kilas). Penelitian ini merupakan penelitian deskripif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru, aktivitas peserta didik dan ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan media Flash Card (Kartu Kilas). Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2012. Sedangkan subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. Miftahul Ulum Peganden Manyar Gresik tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sangat baik dengan rata-rata 86,94. (2) Aktivitas peserta didik selama pembelajaran berlangsung baik dengan rata-rata yaitu 79,21%. (3) Ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dikatakan tuntas dengan ketuntasan belajar secara klasikal 85,71%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: FATIMAH PAMUNGKAS (08.422.021)
Uncontrolled Keywords: Media Flash Card (Kartu Kilas), Kemampuan Guru, Aktivitas Peserta Didik, Ketuntasan Hasil Belajar.
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 27 Aug 2019 12:02
Last Modified: 27 Aug 2019 12:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item