PENGARUH TINGKAT MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA YANG SUDAH BEKERJA PRODI TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

PUSPITASARI, HWENI (2018) PENGARUH TINGKAT MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA YANG SUDAH BEKERJA PRODI TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (291kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pengaruh antara tingkat motivasi belajar terhadap tingkat kemandirian belajar pada mahasiswa yang sudah bekerja Prodi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh tingkat motivasi belajar terhadap tingkat kemandirian belajar pada mahasiswa yang sudah bekerja Prodi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa yang sudah bekerja Prodi Teknik Industri semester I, III, dan V kelas sore berjumlah 143 mahasiswa. Berdasarkan hasil korelasi dieroleh nilai r yaitu koefisien reiabilitas sebesar 0,807, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar. Kemudian pada hasil regresi linear sederhana diketahui nilai R square atau koefisien determinasi sebesar 0,650, nilai R square ini untuk mengetahui tingkat pengaruh vriabel X (motivasi belajar) terhadap ariabel Y (kemandirian belajar). Nilai R square sebesar 0,650 yang menunjukkan besarnya sumbangan kecenderungan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 65,0% sedangkan sisanya 35,0% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen yang diteliti. Diketahui nilai F = 262,400 untuk melihat model persamaan regresi digunakan untuk memprediksi variabel Y, didapati nilai P = 0,000 < 0,05 yang berarti variabel X secara signifikan dapat memprediksi variabel Y. selanjutnya diketahui persamaan regresi y = 25,892 + 0,749x, artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y positif., menunjukkan bahwa kenaikan atau perubahan dari motivasi belajar akan diikuti oleh kenaikan atau perubahan kemandirian belajar. Kemudian nilai thitung > ttabel = 16,199 > 1,9769 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat motivasi belajar terhada tingkat kemandirian belajar pada mahasiswa yang sudah bekerja Program Studi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 29 Aug 2019 07:10
Last Modified: 29 Aug 2019 07:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item View Item