PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA KELUARGAKU PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN 129 GREGES SURABAYA

Laili, Maskhurotul (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA KELUARGAKU PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN 129 GREGES SURABAYA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tema keluargaku pada peserta didik kelas I SDN 129 Greges Surabaya. Dibimbing oleh Ibu Dr.Hj Sri Uchtiawati, M.Si dan Bapak Nanang Khoirul Umam M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I SDN 129 Greges Surabaya pada tahun pelajaran 2018-2019 masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah dengan menerapankan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tema keluargaku pada peserta didik kelas I SDN 129 Greges Surabaya dengan media benda kongkret. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 1 siklus 2 kali pertemuan adapun tahapan terdiri dari: 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kelompok dan tes individu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, pada kelas 1 SDN 129 Greges Surabaya adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. hal ini terbukti pada prasiklus presentase ketuntasan 50% dan pada siklus I sebesar 84,6% . Pada prasiklus dapat disimpulkan 13 peserta didik yang tuntas sehingga nilai yang didapat belum mencapai indikator keberhasilan sedangkan pada siklus 1 peserta didik yang tuntas 22 peserta didik sudah mencapai indikator keberhasilan sesuai dengan KKM yang sudah ditentukan sekolahan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Peserta Didik, Model Kooperatif Tipe STAD.
Subjects: Theory and practice of education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 24 Sep 2019 10:15
Last Modified: 24 Sep 2019 10:15
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3059

Actions (login required)

View Item View Item