MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI SDN SEGOROMADU GRESIK

ARISTA, ELIZA DESTI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI SDN SEGOROMADU GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
7. Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistrik Indonesia) pada peserta didik kelas III di SDN Segoromadu Gresik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas III SDN Segoromadu Gresik. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian arikunto. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep peserta didik, lembar onservasi peserta didik dan guru digunakan untuk mengukur keterlaksanaannya aktivitas peserta didik dan guru dalam penerapan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Analisis data yang digunakan adalah analisis data observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran Matematika materi pecahan sederhana pada pseserta didik kelas III SDN Segoromadu Gresik. Hal ini dapat dilihat dari siklus I dengan indikator Membandingkan dua bilangan pecahan sederhana dengan menggunakan benda dan Memahami cara menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan perbandingan dua bilangan dengan pecahan yang mengalami peningkatan pada siklus II dengan indikator Membandingkan nilai dua pecahan sederhana dan Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pecahan sederhana. Pada rata-rata nilai lembar observasi guru siklus I yaitu 78,5% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 94,64%, lembar observasi peserta didik siklus I yaitu 74,84% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 83,21% dan lembar tes hasil belajar pada siklus I yaitu 36,6% yang mengalami peningkatan pada siklus II 83,3% dengan tetap menerapkan pendekatan pembelajaran PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMRI, Kemampuan Memecahkan Masalah, Matematika
Subjects: Early Childhood Education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 23 Oct 2019 09:10
Last Modified: 23 Oct 2019 09:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item View Item