PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

RAHAYU, YUNI SANTIKA (2019) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
4. SKRIPSI BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
5. SKRIPSI BAB II.pdf

Download (425kB)
[img] Text
6. SKRIPSI BAB III.pdf

Download (298kB)
[img] Text
7. SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
8. SKRIPSI BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD Negeri Gending, Kebomas, Gresik tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling dimana semua anggota populasi menjadi sampel penelitian dengan rincian 24 peserta didik pada kelas kontrol (pembelajaran tetap menggunakan pendekatan saintifik) dan 26 peserta didik pada kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik). Istrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah dengan analisis komparasi untuk teknik analisis data. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, hasl uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh 0,001 lebih kecil dari 0,05. Artinya, ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah menggunakan pendekatan matematika realistik. Selain itu dapat dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol sebesar 72,92 dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 96,67, sedangkan kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 87,18 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah karena adanya perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah menggunakan pendekatan matematika realistik, maka ada pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematical Approach, Problem Solving Ability
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 04 Nov 2019 12:58
Last Modified: 04 Nov 2019 12:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item View Item