EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SDN PANDANAN

ROHMAWATI, LIA (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA DIORAMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SDN PANDANAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (184kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (141kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf

Download (62kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian Deskriptif Kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media diorama berbasis kearifan lokal pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku kelas IV SDN Pandanan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis dapatkan bahwa proses pembelajaran tema 8 subtema keunikan daerah tempat tinggalku di sekolah tersebut kurang efektif. Kurang efektifnya proses pembelajaran diakibatkan pada materi tersebut memerlukan sebuah media agar dapat menggambarkan keadaan nyata, keunikan daerah tempat tinggal, dan keadaan ekonomi, sosial serta budayanya. Dari data sementara yang diperoleh, sebagian peserta didik belum memenuhi nilai KKM dalam Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Ketuntasan Kriteria Minimumnya adalah 75. Adapun Subjek penelitian ini di SD Negeri Pandanan dengan 16 orang peserta didik yang terdiri dari 13 laki-laki dan 3 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dan metode tes. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar guna mengetahui hasil belajar peserta didik . Hasil dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik, karena dalam keseluruhan pertemuan memiliki rata – rata 93,7 yang berada diantara skala 85 - 100 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik termasuk dalam kategori aktif yaitu mencapai 63,35% Dari prosentase yang harus dicapai ≥ 50%. Tes hasil belajar mencapai 87,5% dan dikatakan tuntas apabila ketuntasan klasikal minimal mencapai ≥75%. Maka dapat disimpulkan bahwa media diorama dapat digunakan sebagai media penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Diorama Berbasis Kearifan Lokal
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:08
Last Modified: 08 Nov 2019 03:08
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item