PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS PETA INDONESIA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA KELAS IV UPT SD NEGERI 263 GRESIK

Nafsih, Izzatin (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS PETA INDONESIA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSA KELAS IV UPT SD NEGERI 263 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
keaslian 1.pdf

Download (529kB)
[img] Text
pengesahan fix.pdf

Download (538kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI Fixxx.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meengembangkan media pembelajaran monopoli berbasis peta Indonesia pada subtema keberagaman budaya bangsa kelas IV UPT SD Negeri 263 Gresik. Pengembangan media monopoli berbasis peta Indonesia menggunakan model 4D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) akan tetapi penelitian hanya sampai pada tahap ketiga yaitu pengembangan (develop). Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa media permainan monopoli yang menggunakan peta Indonesia yang dibuat timbul dengan alas gabus. Penelitian ini dilakukan di kelas IV UPT SD Negeri 263 Gresik dengan jumlah 14 peserta didik. pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi media, tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis kepraktisan media dan keefektifan media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji kevalidan media monopoli berbasis peta Indonesia dengan penilaian dari validator pertama yaitu guru kelas IV dan validator kedua dosen PGSD telah memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata yaitu 85.71% sehingga media pembelajaran dapat dikatakan layak untuk digunakan. Kefektifan penggunaan media pembelajaran diukur menggunakan tes hasil belajar yang berupa lembar evaluasi. Lembar evaluasi ini mencakup materi tentang keberagaman budaya bangsa. tes hasil belajar diikuti 14 peserta didik dengan 12 peserta didik tuntas dan 2 yang tidak tuntas dengan perolehan skor <70. Tes hasil belajar medapatkan skor rata-rata 85.71% dan termasuk dalam kategori tuntas dikarenakan ketuntasan secara klaksikal yaitu 85.71%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model 4-D, Monopoli berbasis Peta Indonesia
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Izzatin Nafsih
Date Deposited: 25 Jun 2020 01:47
Last Modified: 25 Jun 2020 01:47
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3661

Actions (login required)

View Item View Item