Afiolita, Uliv (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 MI MA’ARIF NU MAMBA’UR ROHMAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman pernyataan Orisinalitas.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar persetujuan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Kepentingan Akademik.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (522kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada peserta didik kelas 4 MI Ma’arif NU Mamba’ur Rohmah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan Model Kemmis & MC Taggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan & pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 25 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi KPK & FPB pada peserta didik kelas 4 MI Ma’arif NU Mamba’ur Rohmah. Dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru selama proses pembelajaran mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria baik sebesar 83,33%. Hasil observasi aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran mencapai indikator keberhasilan dengan kriteria baik sebesar 83,13%. Hasil belajar peserta didik secara klasikal dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match mencapai ketuntasan klasikal dengan kriteria timggi sebesar 84%. Kata Kunci : Make A Match, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make A Match, Hasil Belajar |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Uliv Alfiolita |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 04:24 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 04:24 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3718 |
Actions (login required)
View Item |